9 Jurus Diet Menurunkan Berat Badan Tanpa Obat

9 Jurus Diet Menurunkan Berat Badan Tanpa Obat

indKnowledge.com – Melakukan diet menurunkan berat badan tanpa obat dinilai lebih aman ketimbang menggunakan obat-obatan. Meskipun proses menurunkan berat badan atau diet secara alami cenderung lebih lama namun perlahan akan berubah menjadi gaya dan pola hidup sehat berkelanjutan.

Secara alami proses penurunan berat badan membutuhkan waktu dan harus dilakukan secara bertahap.

Untuk hasil terbaik, sebaiknya Anda konsultasi terlebih dahulu dengan dokter gizi, untuk mengetahui kebutuhan gizi dan pola makan sehat yang akan Anda jalankan.

Selain makan sehat, upaya menurunkan berat badan harus diimbangi dengan olahraga teratur dan istirahat yang cukup, berikut sejumlah poin yang bisa dilakukan saat menurunkan berat badan tanpa obat.

1. Perbanyak Makanan Tinggi Protein

Protein merupakan asupan penting dalam proses penurunan berat badan alami. Saat tubuh menerima protein, di saat yang bersamaan tubuh juga membakar kalori.

Secara sederhana, protein adalah bahan bakar bagi pembakaran kalori pada lemak. Makanan kaya protein juga mampu membuat tubuh lebih kenyang dan mengurangi nafsu makan berlebih.

Contoh makanan yang kaya protein adalah telur, dada ayam, yogurt, ikan, ragam sayuran hijau, dan kacang-kacangan.

2. Kurangi Makanan Olahan

Penelitian yang tercatat dalam The American Journal Clinical Nutrition menunjukkan bahwa karbohidrat dalam makanan olahan lebih membahayakan bagi tubuh ketimbang lemak jenuh.

Terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat olahan seperti gula akan membuat hati melepaskan lemak ke aliran darah yang berbahaya bagi kesehatan.

Makanan olahan dirancang untuk membuat Anda makan sebanyak mungkin dan sulit dikendalikan. Contoh makanan olahan adalah roti tawar, sereal, minuman dan makanan manis, makanan dan minuman kaleng.

READ  RI Tunda Distribusi Vaksin AstraZeneca Imbas Isu Pembekuan Darah

Untuk mengurangi penambahan berat badan yang berlebih dan menjaga kesehatan, ganti asupan makanan olahan dengan camilan biji-bijian atau kacang-kacangan.

3. Ganti Stok Makanan dengan Camilan Sehat

Merujuk Healthline, sebuah penelitian menunjukkan bahwa peningkatan berat badan terpengaruh oleh stok makanan yang Anda simpan di rumah.

Menurunkan berat badan secara alami dimulai dari mengganti camilan tidak sehat dengan makanan yang lebih sehat. Pola penggantian ini, tentu juga akan berpengaruh bagi anggota keluarga lain yang tinggal di rumah.

Ganti camilan sehat dan alami yang mudah dibawa atau disiapkan saat Anda hendak bepergian. Contoh camilan sehat berupa yogurt, buah utuh, salad, telur rebus, kacang-kacangan.

4. Batasi Konsumsi Gula

Cara menurunkan berat badan tanpa obat berikutnya adalah membatasi konsumsi gula. Makanan manis memang digemari banyak orang karena rasanya yang nikmat, akan tetapi bisa menyebabkan penumpukan lemak dan kenaikan berat badan.

Sulit memang mengetahui seberapa banyak kandungan gula dari suatu produk makanan atau minuman. Karenanya, kurangi asupan gula dengan dengan makanan lain seperti buah atau infuse water.

5. Banyak Minum Air Putih

Air putih merupakan cairan terbaik yang dapat diminum siapa saja sepanjang hari. Air putih tidak mengandung kalori dan memberikan banyak manfaat kesehatan.

Diet Menurunkan Berat Badan Tanpa Obat

Minum air putih 30 menit sebelum makan digadang-gadang dapat membantu mengurangi jumlah asupan makanan. Mengganti dan mengonsumsi air putih lebih banyak akan membantu Anda mengurangi kalori yang dikonsumsi dalam satu hari.

6. Minum Kopi Hitam Tanpa Gula Dapat Menurunkan Berat Badan

Kopi dikenal memiliki efek kesehatan yang baik jika diminum tanpa gula dan krim. Kafein pada kopi hitam merupakan minuman sehat yang sarat dengan antioksidan dan mampu meningkatkan tingkat energi untuk pembakaran kalori.

READ  Minum Air Putih Sangat Penting Sebelum Nikmati Teh atau Kopi

Manfaat kopi hitam tanpa gula juga membantu seseorang terhindar dari diabetes tipe-2. Khasiat lainnya adalah kopi hitam membuat Anda merasa kenyang tanpa menambah kalori.

7. Perbanyak Konsumsi Sayur dan Buah

Buah dan sayur adalah makanan sehat yang efektif menurunkan berat. Selain mengandung banyak air, nutrisi dan serat, buah dan sayur memiliki kepadatan energi yang rendah sehingga memungkinkan makan dalam jumlah banyak namun rendah kalori.

8. Makan dalam Porsi Kecil

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa makan menggunakan piring kecil membantu membatasi makan secara berlebihan. Hal ini berkaitan dengan efek psikologis bahwa makan dengan porsi kecil membantu membatasi takaran lauk dan nasi.

9. Olahraga Teratur

Berolahraga adalah hal penting dilakukan untuk menurunkan berat badan. Tanpa olahraga, kalori yang terbakar tidak akan maksimal.

Sesuaikan pilihan olahraga dengan kemampuan Anda, olahraga yang cukup digemari banyak orang untuk membakar kalori adalah jogging, lari, bersepeda, HIIT, yoga, berenang, senam.

Olahraga juga dikenal baik bagi kesehatan mental dan fisik serta menekan risiko penyakit jantung.

Itulah cara diet menurunkan berat badan tanpa obat yang bisa Anda coba. Selain mengonsumsi makanan sehat dan berolahraga teratur Anda juga harus mendapatkan waktu tidur yang cukup selama menerapkan gaya hidup sehat tersebut. Selamat mencoba.

Leave a Reply