Aneh! Cuma Berjarak 3 Km, 2 Pulau Ini Berbeda Waktu 21 Jam

Aneh! Cuma Berjarak 3 Km, 2 Pulau Ini Berbeda Waktu 21 Jam

  • Post category:Sains
  • Post comments:0 Comments

Setiap wilayah di belahan dunia memiliki zona waktu yang berbeda-beda. Hal tersebut terjadi lantaran jarak antara satu wilayah ke wilayah lainnya berbeda-beda. Biasanya, semakin jauh letak dan jaraknya, maka rentang waktu yang dimiliki lebih banyak.

Namun, pengecualian berlaku pada pulau-pulau kecil di wilayah Kepulauan Diomede, Rusia. Dua pulau yang disebut Diomade Kecil dan Diomade Besar yang berada di Kepulauan Diomede ini memiliki perbedaan waktu mencapai 21 jam.

Padahal, jarak kedua pulau tersebut hanya 2,4 mil atau sekitar 3,8 kilometer saja. Kok, bisa ya?

Dilansir Lad Bible, hal itu terjadi lantaran kedua pulau tersebut dipisahkan garis imajiner penanggalan internasional. Oleh karena itu, Pulau Diomede Besar memiliki waktu lebih cepat satu hari dibandingkan pulau tetangganya Diomede Kecil, meskipun keduanya berdampingan berada di tengah-tengah Selat Bering antara Alaska dan Siberia.

Fenomena unik tersebut membuat keduanya dijuluki sebagai Pulau Besok (Tommorow Island) untuk Diomede Besar dan Pulau Kemarin (Yesterday Island) untuk Diomede Kecil. Menurut laporan Geography Realm, penamaan pulau tersebut diberikan ketika seorang navigator Denmark yang bekerja untuk Rusia kembali menemukan Pulau Diomede pada 1728.

Penamaan pulau itu juga bertepatan dengan hari ketika gereja Ortodoks Rusia merayakan martir Santo Diomede. Pada 1867, sebagai bagian dari pembelian Alaska, kedua pulau itu ditetapkan sebagai kawasan perbatasan antara Rusia dengan Amerika Serikat.

Pulau-pulau kecil ini awalnya hanya dihuni oleh orang-orang Yupik Eskimo (Suku Yupik) sejak 3.000 tahun lalu. Pulau Diomade Kecil yang masuk ke dalam wilayah Amerika Serikat hanya dihuni 11o jiwa yang mayoritas berprofesi sebagai nelayan.

READ  Penjelasan BMKG soal Fenomena Matahari Cincin di Langit Parepare

Pulau Diomade

Sedangkan, Pulau Diomede Besar yang masuk ke dalam kawasan Rusia tidak memiliki penghuni tetap. Namun, di pulau tersebut terdapat stasiun pemantau cuaca dan pos perbatasan milik Rusia.

Leave a Reply