Ini Dia Syarat dan Rukun Umroh, Anda Wajib Tahu!

Ini Dia Syarat dan Rukun Umroh, Anda Wajib Tahu!

Setiap jamaah ini wajib tahu syarat dan rukun umroh. Sebab, ibadah yang dijalankan tidak dianggap sah apabila Anda tidak memenuhi syarat serta tidak menjalankan salah satu rukunnya. Akibatnya, Anda harus mengulangi ibadah umroh dari awal.

Untuk menghindari kelupaan syarat dan rukun dalam beribadah, maka Anda dapat menggunakan jasa tour dan travel ketika menjalankan ibadah umroh di kota suci Mekkah. Sebab, jasa tour dan travel tentu menyediakan pendamping yang selalu memandu para jamaah dalam beribadah. Sehingga, potensi melanggar atau lupa akan syarat serta rukun dalam ibadah umroh dapat diminimalisir.

Rukun Umroh yang Wajib Dilakukan Selama di Tanah Suci

Agar ibadah umroh diterima oleh Allah S.W.T, maka para jamaah wajib menjalankan beberapa rukun umroh serta syarat dalam menjalankan ibadah “haji kecil” ini. Apabila Anda melewatkan salah satu rukun atau syaratnya, maka ibadah umroh dianggap tidak sah karena melanggar syariat dan tata pelaksanaannya. Maka dari itu, ini dia beberapa rukun-rukun dalam menjalankan ibadah umroh. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

1. Niat Berumroh dan Menggunakan Ihram

Rukun pertama yakni berniat menjalankan ibadah umroh serta menggunakan ihram. Ihram merupakan pakaian khusus yang wajib digunakan oleh para jamaah yang menjalankan umroh dan haji. Untuk laki-laki, baju ihram ini dibuat dari kain yang tidak dijahit. Sedangkan untuk wanita, pakaian ihram ini dibuat menyerupai mukena.

2. Thawaf

Rukun yang kedua yakni thawaf. Tawaf adalah mengelilingi Ka’bah sebanyak tujuh kali. Anda juga disarankan untuk melafazkan bacaan doa tawaf ketika melaksanakan thawaf. Apabila memungkinkan, Anda disarankan untuk mengusap batu Hajar Aswad.

READ  Menunaikan Ibadah Umroh Bersama Biro Travel Terbaik di Cirebon

3. Sa’i

Sa’i juga menjadi salah satu rukun dalam menjalankan ibadah umroh. Sa’i adalah berlari-lari kecil antara bukit Sofa dengan bukit Marwa sebanyak tujuh kali. Anda disarankan untuk memperbanyak doa dan berdzikir ketika melakukan Sa’i.

4. Tahallul

Tahallul menjadi salah satu rukun dalam menjalankan ibadah umroh. Tahallul adalah memotong rambut minimal 3 helai. Hanya saja, banyak para jamaah memilih memangkas rambut hingga terlihat botak saat melaksanakan tahallul.

5. Tertib

Rukun umroh yang terakhir adalah tertib. Jadi, jamaah wajib melaksanakan rukun-rukun ibadah “haji kecil” sesuai dengan uturannya. Jadi, jamaah tidak diperkenankan untuk mengerjakan ibadah tersebut secara acak. Sebab, sesuai prosedur ini dimulai dari niat, menggunakan ihram, thawaf, sa’i, tahallul, dan tertib.

Daftar Syarat-Syarat untuk dapat Menjalankan Ibadah Umroh

Memang, tidak semua orang dapat menjalankan ibadah “haji kecil” ini. Ada beberapa syarat yang wajib diketahui oleh jamaah yang berminat serta berniat berangkat umroh di tanah suci Mekkah dan Madinah.

Syarat pertama tentu beragama islam. Syarat kedua, jamaah harus sehat dar segi jasmani maupun rohani. Jadi, Anda tidak hanya sehat dari segi fisik saja. Melainkan juga sehat dari sisi finansial. Guna mengirit biaya selama menjalankan umroh di tanah suci Mekkah dan Madinah, maka jamaah disarankan untuk menggunakan jasa travel umroh.

Jasa travel terbaik dan terpercaya ini menyediakan paket-paket ibadah umroh satu harga. Sehingga, uang yang dikeluarkan oleh jamaah yang berencana menjalankan umroh tidak perlu khawatir terkait biaya-biaya selama beribadah.

Untuk itu, Anda dapat percayakan FTI Mofa Tour sebagai penyelenggara travel umroh terbaik dan terpercaya di Indonesia. Anda tak perlu ragu, sebab FTI Mofa Tour di bawah PT. PT. Firnando Team Indonesia ini telah memberangkatkan ribuan jamaah tanpa ada penambahan biaya apapun. Oleh sebab itu, segera hubungi tim FTI Mofa Tour di nomor 0821-1811-7776 dan di nomor 0821-3056-2251.

READ  Rincian Biaya Umroh Terbaru 2021 Melalui Agen Travel Terpercaya

Umroh merupakan salah satu ibadah sunnah yang disarankan bagi orang-orang yang mampu, baik dari segi fisik maupun harga. Meskipun sunnah, ada beberapa syarat serta rukun umroh yang harus dipenuhi agar ibadah Anda dapat diterima oleh Allah S.W.T.

Leave a Reply