Ketahui Kriteria Desain Logo Yang Baik Bagi Sebuah Perusahaan

Ketahui Kriteria Desain Logo Yang Baik Bagi Sebuah Perusahaan

  • Post category:Review
  • Post comments:0 Comments

Desain logo memili peranan sangat penting untuk mendukung kemajuan suatu bisnis atau perusahaan. Logo diibaratkan sebuah magnet yang dapat menarik semua benda-benda yang berada di sekitarnya.

Dalam kegiatan branding, maka logo berperan penting untuk mencerminkan kualitas jasa atau produk yang dipasarkan dari sebuah peruahaan.

Fungsi Logo Yang Perlu Anda Ketahui

Selain sebagai identitas diri pada suatu entitas kepemilikan, logo juga memiliki fungsi lain, antara lain :

Sarana Identifikasi atau Branding

Logo memiliki fungsi sebagai bentuk identitas suatu entitas kepada pelanggan atau masyarakat umum. Oleh karena itu, logo harus menggambarkan karakteristik suatu organisasi atau produk. Sehingga diharapkan masyarakat akan mengingat dan mengenali sebuah entitas hanya dengan melihat sebuah logo.

Sebagai sarana informasi

Perlu diketahui, logo mengandung sebuah informasi yang ingin disampaikan oleh si pemilik logo atau sebuah entitas kepada masyarakat. Informasi tersebut dibuat untuk bisa mengendalikan pandangan atau kegiatan masyarakat atas suatu identitas atau brand.

Memberikan Motivasi

Logo merupakan bagian dari desain komunikasi visual yang berguna sebagai sarana bagi sebuah entitas untuk memberikan motivasi kepada masyarakat. Motivasi yang disampaikan oleh logo kepada publik tentu saja sesuai dengan tujuan dari brand tersebut.

Sebagai Media Promosi

Fungsi penting bagi logo yaitu sebagai media promosi dan presentasi. Hal ini dilakukan dengan penyampaian informasi atau pesan untuk menarik perhatian publik secara visual sehingga mudah diingat. Bukan hal yang tidak mungkin, seseorang membeli sebuah produk karena tertarik dengan desain logonya.

READ  Cairo Food, Bumbu dan Bahan Baku Masakan Timur Tengah Yang Kian Diminati

Kriteria Yang Perlu Diperhatikan Dalam Membuat Desain Logo Yang Baik

Keberadaan logo bagi suatu perusahaan sangatlah penting. Simbol atau gambar yang ada pada sebuah logo perusaaan atau suatu entitas berfungsi sebagai ikon identitas yang menjadi representasi mereka kepada pelanggan.

Oleh karena itu, sebuah perusahaan perlu memperhatikan kriteria desain logo yang baik supaya memiliki kesan profesional dan berkarakter di hadapan pelanggan atau masyarakat umum.

Berikut beberapa kriteria penting yang harus diperhatikan dalam membuat sebuah desain logo, yaitu :

Mampu Menciptakan Komunikasi

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah sebuah logo harus dapat menciptakan komunikasi visual antara perusahaan dan pelanggan atau masnyarakat umum.

Artinya, logo harus memiliki pesan informasi yang dapat diterima oleh publik dengan mudah. Pesan informasi yang dimaksud bisa beragam, mulai dari brand nama perusahaan, jenis produk yang ditawarkan, atau juga bisa pesan informasi yang menyampaikan perasaan atau sensasi, dan lain-lain.

Memiliki Relevansi

Logo yang baik, harus memiliki relevansi atau berhubungan dengan identitas perusahaan atau identitas yang diwakili. Hindari pembuatan desain logo yang tidak berkaitan sama sekali dengan perusahaan, baik itu nama maupun produk atau lainnya.

Mudah Diingat

Sebuah desain logo yang baik dan dikatakan berhasil adalah ketika desain tersebut mudah diingat oleh orang lain. Oleh karena itu, dalam membuat sebuah desain logo harus unik dan memiliki kreatifitas tingkat tinggi.

Timeless

Logo yang baik mengandung unsur timeless atau tak lekang oleh waktu. Contoh desain logo timeless umumnya menggunakan simbol karakter yang umum dikenal masyarakat luas, seperti Apple menggunakan logo buah apel, atau Ferrari menggunakan logo kuda, dan lainnya.

Desain Logo Dirancang dengan Baik dan Desain Yang Sempurna

Sebuah logo dengan kriteria yang baik adalah ketika logo dirancang dengan baik dan sudah dianggap sempurna, atau dengan kata lain, tidak perlu ada lagi yang perlu dihapus atau dikoreksi dari elemen logo tersebut.

READ  Nikah Siri Malang: Hukum & Syarat Agar Sah Secara Agama

Multifungsi

Kriteria desain logo yang baik adalah ketika logo tersebut bisa diterapkan dalam berbagai keperluan atau kepentingan. Juga logo tersebut dapat diimplementasikan pada media apapun. Sebagai contoh pemakaian logo pada kartu nama, kop surat, header website, atau mungkin seragam perusahaan.

Karena pentingnya peran logo bagi sebuah perusahaan, maka tak sedikit perusahaan yang menggunakan jasa desain logo profesional yang dapat menerjemahkan visi misi perusahaan, harapannya logo tersebut menjalankan perannya sebagai identitas perusahaan.

Leave a Reply