Mengatasi Error 404 dengan Plugin Redirect ke Homepage di WordPress

Mengatasi Error 404 dengan Plugin Redirect ke Homepage di WordPress

Banyak pemilik situs blog yang mengabaikan kesalahan atau halaman Error 404 Page Not Found dan mengklaimnya sebagai masalah yang tidak berbahaya. Namun, ini sebenarnya dapat memengaruhi situs blog Anda secara negatif dengan berbagai cara termasuk bagi Anda yang sedang meng-optimasi web nya. Salah satu cara untuk mengatasi Error 404 adalah dengan plugin redirect Error 404 ke halaman utama web Anda.

Di satu sisi, ini akan membuat Anda kehilangan banyak pelanggan potensial Anda yang akan keluar dari situs web Anda setelah menemukan halaman Error 404 dan, yang lebih penting, itu juga dapat membuat Anda kehilangan tautan balik yang berharga dan banyak lalu lintas juga.

Jangan membuat kesalahan dengan mengabaikan halaman Error 404 Page Not Found. Anda dapat dengan mudah memanfaatkan 404 halaman tersebut untuk mengarahkan lebih banyak pengunjung ke beranda Anda. Faktanya, Anda dapat melakukan ini menggunakan plugin hanya dalam tiga langkah. Kami akan menunjukkan cara melakukannya.

Apa itu Halaman Error 404 ?

Pertama, mari kita mengenal lebih dekat dan lihat apa sebenarnya kesalahan atau halaman error 404 itu.

Kesalahan atau error 404 adalah salah satu kesalahan paling umum yang Anda alami saat menjelajahi Internet. Faktanya, kesalahan ini sangat umum sehingga situs web menggunakan halaman 404 yang dirancang khusus untuk ditampilkan setiap kali pengunjung menemukan kesalahan ini.

READ  Strategi Cerdik WhatsApp Meredam Terjangan Signal dan Telegram

404 adalah kode status HTTP umum yang menunjukkan kepada Anda saat laman web atau URL yang Anda coba kunjungi tidak dapat ditemukan di situs web atau servernya.

Misalnya, jika situs web menautkan ke salah satu pos blog Anda tetapi salah mengeja atau mengetik URL, semua pengunjung yang mengeklik tautan itu akan disajikan dengan laman 404 situs web Anda, bukan pos blog yang sebenarnya.

Menurut Google, kesalahan 404 tidak berdampak negatif pada peringkat penelusuran Anda. Namun, ini masih layak diperbaiki jika Anda tidak ingin kehilangan lalu lintas situs web Anda.

Apa Penyebab Error 404 ?

Ada banyak penyebab di balik kesalahan 404. Seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya, hal ini dapat disebabkan oleh URL yang salah eja atau disebabkan oleh pengunjung yang salah mengetik URL ke dalam browser.

Contoh Tampilan Halaman Error 404

Kehilangan konten situs web Anda selama kerusakan server atau transfer situs web juga dapat menyebabkan kesalahan 404.

Namun, penyebab paling umum adalah kesalahan yang Anda lakukan saat memperbarui postingan blog lama Anda. Saat ingin mengupdate judul postingan blog lama, biasanya Anda juga harus mengganti URL postingan blog tersebut. Artinya, semua pengunjung yang mengeklik URL lama dari hasil penelusuran Google atau tautan di jejaring sosial hanya akan melihat kesalahan 404.

Anda hanya dapat memperbaikinya dengan mengarahkan URL lama ke URL baru.

Rekomendasi Plugin Redirection

Ada beberapa plugin pengalihan atau redirect 404 yang tersedia di WordPress. Berikut adalah beberapa plugin yang dapat Anda gunakan.

01. Redirection

Plugin WordPress Redirection

Dengan lebih dari 1 juta penginstalan aktif, Redirection adalah salah satu plugin pengalihan 404 paling populer di WordPress. Plugin ini gratis, sederhana, dan berfungsi dengan baik. Plugin ini memungkinkan Anda dengan mudah mengarahkan lalu lintas dari tautan rusak ke URL baru. Dan itu juga memiliki beberapa metode pengalihan bersyarat lainnya seperti mengarahkan pengguna yang menggunakan jenis browser tertentu.

READ  Bakal Meluncur Lebih Awal, Intip Bocoran Seri Terbaru OPPO Reno5 F

02. All 404 Redirect to Homepage

Plugin WordPress All 404 Redirect to Homepage

Plugin redirection ini sangat berbeda dari plugin lain yang tersedia di WordPress. Alih-alih membuat redirect atau pengalihan secara manual untuk masing-masing URL, plugin ini memungkinkan Anda untuk mengarahkan semua 404 halaman ke beranda Anda. Ini berarti siapa pun yang menemukan tautan rusak di situs web Anda akan diarahkan kembali ke beranda Anda alih-alih menampilkan laman kesalahan 404 default kepada mereka.

03. WP 404 Auto Redirect to Similar Post

Plugin WordPress WP 404 Auto Redirect to Similar Post

Hampir serupa dengan plugin redirection sebelumnya, namun plugin WP 404 Auto Redirect to Similar Post ini memiliki keunggulan lain. Plugin ini secara otomatis mengarahkan halaman Error 404 ke posting serupa berdasarkan Judul, Jenis Posting & Taksonomi. Jika tidak ada yang serupa ditemukan, pengunjung akan dialihkan ke beranda atau URL khusus. Mantaaap !!!

Kesimpulan

Halaman Error 404 Page Not Found sebisa mungkin bisa kita atasi, hal ini dilakukan untuk meminimalisir berkurangnya trafik pengunjung blog Anda, terlebih blog Anda gunakan untuk monetisasi, tentunya sangat penting. Bagi Anda yang sudah menggunakan plugin Yoast SEO, sudah ada fitur redirect Error 404 Page Not Found.

Ini adalah salah satu dari sekian banyak manfaat menggunakan WordPress. Platform ini menawarkan banyak cara untuk memanfaatkan hal-hal seperti kesalahan 404 dan memperbaiki tautan yang rusak untuk keuntungan Anda. Mudah-mudahan, Anda dapat menggunakan referensi plugin redirect Error 404 yang kami rekomendasikan untuk mendapatkan hasil maksimal dari lalu lintas situs web Anda dan menghasilkan banyak penjualan tambahan.

Leave a Reply